Kumpulan ide kreatif dirumah, terbuat dari bahan bekas

Kreatifitas adalah kegiatan produktifitas yang dimana bisa menciptakan karya baru baik dalam bentuk karya fisik dan non fisik. Kreatifitas melibatkan kecerdasan manusia dalam mengembangkan berbagai karya maupun kerajinan tangan. Apa kamu termasuk salah satu orang yang kreatif?. Disini saya akan mengulas beberapa jenis ide kreatif yang bisa kamu lakukan dirumah, kalau di Youtube ada channel khusus yang membahas tips-tips kreatif. Salah satunya kanal milik Ide kreatif dalam 5 menit (5 Minutes craft).

Kreatif itu penting, orang yang kreatif bisa melakukan apa saja. Dia punya banyak ide buat menyulap benda tidak terpakai jadi benda kerajinan yang bernilai. Orang kreatit bisa memanfaatkan barang bekas disekitar, botol aqua bekas yang bisa mencemari lingkungan disulap jadi vot tanaman pengganti polibac. Ada banyak jenis kerajinan yang bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, mau tau apa aja simak selengkapnya dibawah ini.


Anyaman Tikar dari bungkus Molto sachetan

Bungkus Molto bisa digunakam untuk kerajinan tikar
Bungkus molto sachetan biasanya pasti bakalan langsung dibuang jadi sampah begitu saja, tapi kalau dikumpulin sampai banyak bungkus sachet ini bisa dijadikan aneka karya anyaman lho. Plastik adalah benda yang tidak mudah hancur, dengan memanfaatkan limbah plastik bisa mengurangi pencemaran lingkungan. Di facebook ada salah satu temanku yang suka banget membuat kerajinan tikar dengan bahan dasar bungkus molto bilas pakaian.

Proses pembuatanya memang membutuhkan waktu, tapi karya ini bisa bernilai seni loh. Awalnya bungkus molto sachetan dikumpulkan hingga banyak, kemudian semuanya dicuci bersih sampai nggak ada lagi bekas cairan pewangi pakaian tersebut. Proses kedua, semua plastik dijemur sampai kering. Kemudian digunting memanjang, menjadi sepotong plastik, plastik tersebut dibuat gulungan pipih yang serupa dengan bahan anyaman. Langkah selanjutnya plastik disambung satu² (di-anyam) dengan teknik selip seperti membuat tikar. Hasil anyaman bisa dibentuk menjadi tikar, tas, ataupun baju. Penggunaan kerajinan anyaman dari bungkus sachet molto, bungkus mi, atau lastik lainya dianggap karya seni yang mempunyai nilai tinggi.


Lampion Lampu tidur Malam dari Botol Bekas

Lampu tidur dari botol bekas
Punya LED senter yang tidak terpakai, tambah dengan botol bekas bisa dijadikan sebagai lampu malam. Seperti yang kita ketahui cahaya lampu tidak baik bagi kita saat tidur pada malam hari, banyak orang mematikan lampu kamar ketika tidur. Sebagian lagi menggunakan lampu kamar dengan intensitas cahaya redup. Kamu bisa membuatnya dengan mudah, nggak harus menggunakan LED senter lampu apa saja bisa.

Lampu LED Bulb bisa digunakan, pilih lampu dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Lampu watt rendah cahayanya lebih sedikit, untuk membuat pendar redup kamu bisa melapisi dinding botol dengan menggunakan cat guna mengurangi cahaya lampu sekaligus memberikan warna cahaya pendar. Bagusnya diberi warna kuning, cahaya kuning lebih redup dan juga lebih baik dimalam hari. Kreasikan ide ini sesuai dengan keterampilan kamu. Tapi buat jaga-jaga, aku lebih rekomendasiin senter bekas dengan LED. Sebab ketika mati lampu bisa juga difungsikan sebagai lampu darurat. Senter LED lebih awet harganya juga murah, aq beli senter LED mini dipasaran guna membuat kerajinan ini. Pilih senter yang bisa diisi ulang menggunakan Adaptor, ada loh...


Vot Tanaman Ruangan dengan Lukisan Lucu dari Botol Aqua

Vot Bunga dari Botol bekas
Pernahkah kamu melihat bunga atau tanaman yang dipajang di dalam ruangan? Kegunaan dari tanaman yang di Letakkan di dalam ruangan bisa menambah sejuk udara di sekitar ruangan tersebut. Aksi kreatif ini pernah saya lakukan ketika ada tugas keterampilan di bangku SMP. Hanya dengan bermodalkan botol bekas yang sudah tidak terpakai bisa kita sulap menjadi pot bunga yang bermanfaat bagi ruangan, dalam proses pembuatannya kita juga membutuhkan beberapa warna cat tembok.

Mewarnai pot bunga yang dibuat menggunakan botol bekas bisa memberikan nilai seni keindahan tambahan, pot bunga jadi lebih menyenangkan di pandang. Bagian dalam pot bunga ini biasanya diisi dengan ampas bekas Teh yang dicampur dengan air atau bisa juga diisi langsung dengan air. Adapun jenis tanaman yang bisa kita masukkan ke dalam vot ruangan, adalah tanaman kecil yang diambil beserta akarnya. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, sebuah botol bekas dipotong menjadi dua bagian. Kemudian bagian bawah botol kita gunakan sebagai vas bunga. Sementara Cup bagian atasnya bisa digunakan sebagai penyeimbang dari pohon bunga kecil yang akan kita masukkan.


Sofcase HP jadi Motiv Bungkus Mie Instan

Softcase HP motiv Indomie
Memang sudah banyak yang jual sofcase dengan motiv bungkus mie instan, tapi nggak ada salahnya kalau kita bikin sendiri. Kamu hanya perlu softcase transparant dan bungkus indomie goreng. Bungkus indomie diukur dan dipotong sesuai pola ukuran HP kamu, kemudian lekatkan menggunakan lem Fox presisikan letaknya agar sesuai. Lem Fox adalah lem kayu serbaguna bisa melekat dengan kuat tapi masih bisa dilepaskan tanpa merusak permukaan benda, lem fox juga akan lepas jika terkena air. Jadi apabila kita ingin melepasnya cukup ditarik saja, kemudian bekas sisa lem bisa dibersihkan menggunakan kain lembab.

Setelah terpasang dengan rapih, baru deh kamu pasang sofcase yang terbuat dari bahan plastik bening. Gambaran indomie menambah nilai seni keindahan ketika melihat smartphone, apalagi jika gambar tersebut berada dibawah layar bening. Kita seperti melihat gambar dibawah air, kelihatan 3D seperti nyata. Berbeda dengan Sofcase yang sudah digambar secara langsung, walaupun kelihatan sama tapi gambarnya sedikit kasar. Ide kerajinan ini didapat dari sebuah Grup Mie Instan, dimana ada seorang remaja yang memparodikan kebiasaan warga indonesia (±62) yang begitu kreatif dan sederhana.


Dudukan HP yang dari kardus dan penjepit kertas

Dudukan HP dari kertas dan penjepit kertas
Kerjaan siapa nih yang suka bikin bentuk² unik dari penjepit kertas? Sama sekali gak kebayang ya ternyata penjepit kertas bisa dimanfaatkan buat hal yang spele loh. Biasanya penjepit kertas seperti ini ada banyak di meja kerja, sering dianggurin. Sekarang kita dapat ide, sekumpulan penjepit kertas yang dirangkai membentuk penyangga bisa kita gunakan sebagai dudukan HP, dudukan HP serbaguna loh.

Selain menggunakan penyepit kertas, kamu juga bisa menggunakan kardus bekas. Kardus dirangkai menjadi penyangga menggunakan LEM Fox, atau kamu bisa lihat contoh diatas. Kertas karton yang digulung, kemudia tentahnya diberi potongan sisi miring sebagai tempat meletakan HP.

Kalau biasanya kita menggunakan Tripod, sekarang dengan ide sederhana. Aku sering kok, kalau mau videocall via zoom ada pelajaran sekolah biasanya harus meletakan HP agar bisa saling interaksi. Dengan alat ini semuanya bisa jadi beres deh, sekolah online sekarang semuanya dipantau ya. Aku juga gitu, setiap siswa wajib mengirim video berdurasi 28 detik sambil belajar dirumah. Tapi lumayan keren banget, aku jadi lebih pede dihadapan kamera.


Bingkai Foto dari kayu ranting dan kertas kardus

Bingkai foto dari kertas kardus
Memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai ternyata lebih menyenangkan. Ada banyak aneka kerajinan yang bisa kita buat menggunakan bahan serbaguna ini. Rekomendasi selanjutnya membuat bingkai Foto dari kertas kardus, kamu bisa kreasikan sendiri bentuknya. Gambar diatas ada beberapa contoh desain bingkai kertas yang bisa kamu coba, semuanya dibuat dengan bahan kertas. Hanya perlu menambahkan lem tembak dan cat warna.

Ada lagi karya bingkai yang terbuat dari ranting kayu dan kertas biasa, rantting kayu dibersihkan. Kemudian dujemur hingga kering, terus dirangkai sedemikian rupa membentuk bingkai. Agar bingkainya kuat dan keras, rangkaian kayu dibalurin dengan Lem Korea, bisa juga menggunakan lem Fox (Lem kayu). Gunakan kuas apabila kamu menggunakan Lem Fox dan gunakan kertas untuk memoles bila kamu menggunakan Lem korea. Biarkan bingkai mengering dia akan mengeras, sementara bagian belakang binhkai bisa kita beri tutup kardus.

Yang terakhir bingkai dari gulungan² kertas warna. Gulung kertas warna menyerupai rokok, gunakan lem kertas agar gulungan tidak lepas. Buat sebanyak-banyaknya, nanti gulungan kertas disusun membentuk bingkai pada alas kertas kardus. Kamu bisa menggunakan warna kertas yang sudah ada untuk membentuk motiv, atau menggunakan tambahan cat pewarna. Semua karya bingkai dari kertas bisa bermanfaat alternatip pengganti bingkai asli yang harganya sedikit mahal.


Kerajinan bunga dari Botol AQUA Bekas

Bunga dari boto aqua
Kalau sebelumnya kita pernah bikin Vot bunga ruangan sekarang kita bikin bunga nya. Manfaat kerajinan bunga dari Botol bekas lebih mengarah ke nilai seni atau keindahan. Bunga palsu digunakan sebagai hiasan meja agar lebih enak dipandang, cara membuatnya gampang banget. Kamu hanya perlu siapkan bahan berupa : Botol bekas warna hijau, lem tembak, gunting, lilin, korek Api, kawat, kertas warna, dan cat warna biru.

Cara membuat : potong lah botol menjadi dua bagian antara kepala dengan bagian bawah, bagian bawah botol nantinya akan digunakan sebagai vas bunga. Sementara sisa bagian atasnya bisa kita gunakan untuk membuat kelopak bunga dan daun. Gunting lah bagian sisa dari kulit botol membentuk kelopak bunga seperti bunga mawar. Kamu harus membuat sebanyak-banyaknya, setelah terkumpul semua panaskan dengan menggunakan lilin untuk mendapatkan kerutan seperti layaknya kelopak bunga. Kemudian susun kelopak bunga secara melingkar satu persatu, gunakan lem tembak untuk melekatkan satu kelopak dengan yang lainnya.

Bagian tangkai bunga bisa kamu buat dengan menggunakan kawat dan juga dilapisi menggunakan kertas warna hijau. Kamu bisa melilitkan kertas berwarna hijau pada kawat secara spiral. Kemudian susun bunga pada bagian atas kawat, dan juga daun yang sudah di kerutkan menggunakan lilin. Kamu bisa mengkreasikan nya sendiri di rumah.


Baju Kucing dari dasar bekas jahit

Baju kucing dari dasar bekas
Potongan dasar yang kecil-kecil sisa menjahit ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk membuat baju kucing, atau jika tidak punya kamu bisa menggunakan baju yang sudah tidak terpakai. Membuat baju kucing bisa dilakukan tanpa harus membutuhkan mesin jahit. Dengan menggunakan jarum tangan saja sudah bisa membuat baju kucing, cukup mudah cara membuat aku hanya perlu membuat motif pola baju yang nantinya akan dijahit.

Ada dua jenis tipe baju tergantung manfaatnya, gambar yang pertama baju dibuat untuk segi desain atau dengan motif keindahan. Baju yang pertama tidak memberikan keuntungan bagi kucing karena hanya dibuat pada bagian depannya saja. Sementara baju yang kedua lebih cenderung ke manfaatnya bagi si kucing, baju yang terbuat dari bahan wolf ini bisa memberikan rasa hangat terhadap kucing di kala dingin.

Ya tergantung persepsi kamu, mau memberikan baju hanya untuk bernilai seni keindahan atau untuk memberikan manfaat terhadap kucing. Kucing imut dan lucu paling suka kehangatan, dengan memberikan kucing baju maka kehangatan nya ada pada tubuh kucing tidak hilang. Walaupun kucing mempunyai bulu yang bisa melindungi mereka dari suhu dingin tapi tetap saja kucing merasakan kedinginan. Sebab suhu panas yang ada pada tubuh kucing bisa terlepas begitu saja ke udara. Coba deh kreasikan sendiri baju kucing kamu di rumah


Kran air pencuci tangan dari Ember bekas Cat

Kran air dari ember cat tembok
Kerajinan terakhir kita bisa membuat penampung air untuk mencuci tangan menggunakan ember bekas cat tembok. Sederhana sekali, cara membuat nya juga mudah kita cukup beli kran air. Terus ember cat dilubangi menggunakan pisau dapur atau juga obeng yang dipanaskan. Lubang digunakan untuk memasukkan keran air, kamu juga bisa menggunakan cat untuk menghiasi bagian ember agar terlihat lebih menarik. Kran air tempat mencuci tangan bisa diletakkan di depan pintu ruangan atau tepatnya di luar ruangan. Pada masa pandemi saya sering melihat ember tempat mencuci tangan diletakkan di berbagai fasilitas umum.

Di sekolah, halte, rumah sakit, pasar, kantor hampir semuanya ada. Uniknya produk ember cuci tangan ini bisa dijadikan sebagai lahan bisnis, kalau kamu bisa memproduksi lebih banyak nantinya bisa dijual.


Cukup sampai di sini dulu ya, saya harap teman-teman bisa terinspirasi dengan ide kreatif di atas. Sebenarnya masih banyak loh ide kerajinan yang bisa kita buat menggunakan barang-barang yang sudah tidak terpakai di sekitar kita, untuk rekomendasi ide kerajinan lainnya akan aku posting di lain artikel. Aku rasa artikel ini sudah cukup memberikan details tentang rekomendasi ide kreatif yang bisa kita buat. Untuk cara pembuatannya kamu bisa mencarinya di google atau nanti akan saya buatkan satu persatu tutorial cara membuat kerajinan dari barang bekas. Jangan lupa ikuti terus update blog kami agar kamu mendapatkan inspirasi artikel menarik lainnya yang bisa bikin kita semakin kreatif dan produktif. Oke aku salahku penulis izin pamit dan selamat mencoba.

Scroll To Continue