Tips cepat mendapatkan trafik buat Blog baru

Cara mendapatkan Traffik dan audiens blog baru lahir gambar pixabay

GEA.MY.ID - Ada banyak cara mendapatkan traffik blog tanpa harus belajar SEO, ya memang belajar SEO itu lebih sulit karena kita harus banyak melakukan risset, menambah backlink dan lain-lain. Blog yang kualitasnya bagus, dengan artikel bermanfaat tanpa harus melakukan SEO bisa bertengger di halaman pertama Google. Saya sendiri sudah membuktikanya, buatlah artikel pilar minimal 3000-4000 kata lengkapi artikel tersebut dengan beragam informasi. Artikel pilar sangat disukai oleh google, jenis artikel ini bisa membuat pembaca berlama-lama pada website kamu semakin lama membaca dia akan terus ber-interaksi dengan blogmu.

Tapi bila kamu ingin belajar teknik SEO bisa langsung belajar di situs web panduanim.com, situs web ini mengupas tuntas cara belajar SEO secara gratis dengan penjelasan yang lebih detail. Selain panduanIM, ada lagi situs web tempat belajar paling direkomendasikan. Blog Dewaweb, blog itu sering banget muncul di halaman paling atas Google. Dewaweb membahas berbagai jenis topik mengenai blogging, seo, dan panduan membuat website berkualitas. Tips dibawah ini mungkin bisa membantu kamu cara mendapatkan traffik tanpa harus belajar Search Engine Optimization.


1. Promosi di Medsos

Media sosial bisa menjadi tempat meraup trafik yang bagus, salah satunya facebook. Pernah nggak kamu lihat halaman artikel seperti kompas.com, tirto.id, atau kumparan.com membagikan artikel mereke ke facebook? Pasti pernah ya, dan itu bisa viral ditanggapi oleh ribuan kali, dikomentari sebanyak ratusan kali, dan juga ada yang membagikanya membentuk link share berantai.

Situs berita lokal selain mencari trafik dari mesin pencari dia juga mencari trafik dari media sosial, sebab hampir setiap hari orang di dunia menghabiskan waktu 2-5 jam sehari untuk membuka sosial media. Beberapa dari mereka menggunakan cara otomatis, ada sejenis tool bisnis auto posting bernama dlvr.id, dengan tool tersebut sistus web berita lokal tidak perlu menyewa karyawan tambahan. Cukup gunakan tool agar artikel mereka bisa berada di facebook, namun situs web ini berbayar kamu harus membayar 8 USD agar bisa menggunakanya.


2. Buat artikel viral

Artikel viral bisa mendatangkan lebih banyak trafik, kata dari viral artikel tersebut sedang hangat dan banyak di cari oleh orang. Teknik membuat artikel ini bisa menggunakan konsep seperti jurnalistik, saya pernah mendapatkan ribuan traffik dari artikel yang sedang trending. Itu ketika awal mula pembukaan kartu prakerja, selama beberapa bulan saya mempelajari dan membuat artikel tentang prakerja. Hasilnya Alhamdulilah berhasil dapat 1000 trafik stabil dalam sehari, tapi yang namanya artikel viral memang tidak akan bisa bertahan lama. Suatu saat volume pencarian akan turun drastis, tapi karena kita mempunyai lebih banyak waktu untuk membuat artikel pastinya harus di update terus agar traffik tidak turun.

Saya cuma mau bilang, kegiatan mengejar dan membuat artikel hangat / viral sangat melelahkan. Saya melibatkan semua kemampuan berfikir dan teknik imajinasi, selain itu saya juga dituntut agar bisa lebih cepat memahami suatu isu yang sedang hangat. Cara ini sangat tidak direkomendasikan oleh kak darmawan dari blog panduanIM.com


3. Tambahkan feed ke search engine

Memang tanpa harus belajar SEO artikel yang kita buat bisa diindex oleh mesin pencari tapi dengan syarat kamu sudah memasukan feed situs ke mesin pencari tersebut, ada dua jenis mesin pencari penyimpan data yakni Google Search Console, WebMaster Bing, Dan Google News. Submit feed website kamu disana agar mereka bisa merayapi link topik terbaru. Tambahkan semua URL Feed atom dan rss blog agar proses perayapan bisa lebih cepat. Tidak harus belajar seo mesin pencari bisa menempatkan situs web kamu di semua hasil penelusuran. Kuncinya sama seperti diatas, yaitu kamu harus punya artikel pilar dengan bahasan yang bagus. Disukai oleh pengunjung bukan disukai oleh robot google.


4. Rutin menulis artikel setiap hari

Menjaga konsistensi blog itu sangat penting, mengejar artikel hangat atau sedang tren membutuhkan konsistensi yang tinggi. Agar kamu bisa menjaga blog tetap banyak pengunjung sebaiknya buatlah artikel yang abadi dan bisa dinikmati kapan saja, artikel abadi biasanya berjenis topik tutorial. Artikel tutorial tidak akan pernah kadaluarsa, bisa dibaca kembali walaupun sudah setahun lama nya, misalnya pada blog mas sugeng.id dia membuat artikel seputar panduan template. Walaupun sudah bertahun-tahun artikel tersebut berguna sampai saat ini, pada artikel abadi biasanya penulis hanya perlu menyunting sedikit bagian.

Dalam dunia blog sedikit sekali orang yang menulis panjang hingga 1500 kata, ada keunggulan dibalik 1500 kata. Yakni artikel yang mengandung lebih banyak informasi bisa disukai oleh banyak orang, tapi tidak semua artikel bisa dikatakan bagus. Bisa saja cuma ketikan belaka yang tidak ada manfaatnya, kalau orang lain berlomba-lomba membuat artikel viral tapi cobalah kamu membuat artikel abadi. Jika masih punya waktu tinjau kembali beberapa artikel lama yang pernah anda publikasikan pada bulan lalu, lakukan penambahan informasi atau penyuntingan khusus agar kualitasnya bernilai tinggi. Situs web wikipedia.com selalu memperbaruhi artikel mereka agar selalu kekinian sesuai dengan kondisi saat ini. Awalnya artikel di tulis dalam bentuk rintisan, hari demi hari informasi yang ada ditambahkan hingga menjadi sebuah dokumentasi informasi dalam sebuah buku. Makanya jangan heran kalau wikipedia selalu mendapatkan rank ter-atas dari penelusuran Google.


5. Gunakan gaya penulisan sendiri

Setiap blog mempunyai ciri khas tersendiri dalam menyampaikan informasi. Ciri khas ini bisa membuat pembaca lebih nyaman ketika berada di blog kita, laman web vice.com/id selalu membahas topik bahasan dari sudut pandang pendapat seseorang. Artikel di tulis berdasarkan pengalaman jurnalistik yang di dalamnya berisi banyak informasi. Saya sangat menyukai laman vide indoensia karena mereka bisa mengungkapkan sesuatu yang menurut saya sendiri unik dibandingkan situs web lainya.

Menggunakan singkatan kata yang umum digunakan tidak menjadi masalah, bagian terpenting dalam penulisan adalah bagaimana caranya agar orang lain tidak cepat bosan ketika membaca tulisan yang tersedia dalam blog kita. Menggunakan bahasa pendapat atau hasil kutipan dari sumber lain bisa membuat pembaca semakin nyaman berkat adanya perbedaan bahasa antar konten.


6. Risset kata Kunci populer

Dengan melakukan riset kamu bisa menemukan kata kunci populer yang sedang trending saat ini, menggunakan kata kunci yang sedang tren bisa membuat peluang lebih besar artikel kamu ditemukan di musim pencari. Ada banyak software riset kata kunci yang bisa kamu coba, satu yang paling saya rekomendasikan yamin neil patel. Atau kamu juga bisa menggunakan google trends dan google berita untuk mengetahui apa saja yang sedang trending saat ini.

Kenapa kita harus mempublikasikan artikel yang sedang trending? Alasannya adalah untuk mempercepat algoritma website yang berada di mencari. Sebaliknya jika kamu mempublikasikan artikel yang rendah volume pencarian nya maka traffic blog kamu akan tetap sepi. Riset kata kunci bisa menentukan konten apa saja yang volume pencarian nya tinggi namun mempunyai persaingan yang rendah.

Kamu tidak harus mengikuti topik trend beginian yang bisa membuat blog kamu hancur, tetaplah buat artikel sesuai dengan minat kamu namun gunakan kata kunci yang sedang populer guna membuat artikel kita lebih mudah ditemukan. Memang sih sulit untuk mendapatkan list kata kunci dan mengaplikasikan nya ke dalam suatu topik bahasan, kita sudah terbiasa menulis sesuai dengan isi hati. Apabila kamu ingin cepat mendapatkan lebih banyak visitor gunakan cara ini.


7. Perbanyak Jumlah Backlink

Backlink juga bisa menentukan berapa banyak jumlah visitor kita, usahakan kamu menanam backlink dari situs web yang mempunyai reputasi tinggi. Biasanya sih bisa dicapai dengan teknik content placement. Contohnya situs web viva.com, mau bisa mengirim karya tulis dan menyematkan sebuah hyperlink yang mengarah ke situs web kamu sendiri. Jika karya tulis kamu diterima dan berhasil tayang di web besar, maka kamu bisa mendapatkan traffic yang lumayan banyak.

Backlink tidak hanya meningkatkan jumlah traffik, namun dalam sisi pengaruh hitungan mos. Backlink juga bisa meningkatkan kualitas domain (domain authority / DA) dan page authority (PA). Walaupun keuntungannya besar kamu wajib berhati-hati dalam meletakkan backlink di situs lain, salah dalam melakukan hal ini bisa membuat reputasi situs kamu terancam.

Jangan meletakkan backlink di halaman web yang melanggar, misalnya berisi content berhak cipta, halaman duplikat atau spam. Situs perjudian dan sebagainya, situs web jahat tersebut bisa mengidentifikasikan website kamu juga merupakan bagian dari nya. Jangan terlalu rakus dengan backlink.


8. Kembangkan Branding

Gunakan media sosial untuk mengembangkan brand blog yang tayang sedang kamu rintis. Branding bisa membantu orang mengenali suatu produk atau layanan. Buatlah sebuah halaman penggemar di facebook dengan nama branding blog kamu, gunakan halaman ini untuk mencari interaksi orang lain bisa dengan berbagai konten ataupun berbagai tips-tips di luar blog kamu.

Teknik mengembangkan branding ini sangat penting, na pada dasarnya suatu layanan itu dikenali melalui brand mereka sendiri. Misalnya wikipedia terkenal dengan artikelnya yang lumayan lengkap bagaikan perpustakaan online. Brand ini bisa membuat kamu lebih dikenal, sekaligus bisa membuat kepopuleran suatu blog.

Nama juga bisa dijadikan branding, contohnya dari mas sugeng nih. Sebelum template LinkMagz dirilis dan dijual tidak ada orang lain yang mencari dengan kata kunci tersebut, walaupun ada tapi hanya sedikit. Setelah dirilis volume pencarian nya meningkat tajam bisa kamu lihat di google ketikan kata kunci "LinkMagz", yang muncul blog mas sugeng sendiri salah satu orang yang memperbolehkan kata kunci branding LinkMagz


9. Hindari BrokenLink (Link Mati)

Traffic dari pencarian ataupun pengunjung yang datang dengan sendirinya bisa hilang begitu saja jika terdapar link mati di situs kita. Saya sudah membuat pembahasan sendiri mengenai broken link, kamu bisa membaca artikel lengkapnya disini.

Adanya broken link ini membuat website kamu terlihat seperti usang. Apalagi kalau kamu jarang banget membersihkan broken link yang menumpuk. Broken link pastinya tidak akan ada bila kamu tidak menyematkan hyperlink pada setiap artikel, menghapus halaman yang sudah dipublikasikan. Broken link tercipta karena adanya bagian yang hilang dariku kita.


10. Buatlah artikel unik yang kaya akan manfaat

Saat ini sudah ada ribuan situs web yang membahas content yang sama di internet, ketika nggak blog itu artinya kamu bersaing dengan ribuan orang lainnya di internet. Untuk memenangkan persaingan tersebut kamu harus bisa membuat artikel kamu terlihat unik, serta memiliki nilai tambah dibanding artikel lainnya. Salah satu ciri ciri artikel yang berkualitas adalah pembahasannya yang lumayan panjang, mengandung informasi, dan juga menggunakan bahasa yang singkat dan jelas.

Sebaiknya Kamu hindari membuat artikel yang panjang dengan mengulangi beberapa kalimat mengulangi beberapa pokok bahasan. Hal tersebut justru akan membuang-buang waktu dan dibikin artikel kamu jadi tidak berkualitas, manusia bisa membedakan mana artikel yang berkualitas dan malah artikel yang tidak berkualitas. Buat google sekalipun menggunakan teknik pembacaan interaksi manusia untuk menentukan apakah suatu artikel itu berkualitas atau tidak. Jadi kualitas artikel tidak bisa di manipulasi kamu harus benar-benar membuat artikel yang mempunyai nilai tambah dibanding artikel lainnya.


Hanya ada beberapa tips yang aku sebutin, nggak perlu banyak-banyak. Lakuin aja sehari bisa mendapatkan ribuan trafik dari mesin organik hasil penelusuran dan sisanya trafik dari kunjungan orang lain hasil share. Jangan panik jika artikel yang kita bagikan masih sepi, sebab ada sih orang yang tidak menanggapi artikel tersebut namun sedikit kepo dan dia menklik tautan ke blog kita.

Aku mempunyai 5 buan fanspage dengan jumlah followers 1000-3000 an, setiap ada artikel baru yang selesai di publikasikan patinya aku share di fasnpage dulu. Sudah bisa mendapatkan lebih banyak traffik dari sosial media, sementara google membutuhkan waktu 5 menit hingga 1 jam agar artikel kita bisa ditemukan pada hasil penelusuran.

Kualitas artikel bisa menentukan hasil rekomendasi ya, jadi begini. Semakin bagus topik yang kamu buat maka semakin lama pengunjung menghabiskan waktu bacanya, dia kemungkinan akan membuka beberap halaman lain pada blogmu. Waktu ini dihitung oleh mesin pencari google dan juga media sosial facebook, semakin lama waktunya artinya konten tersebut bagus. Tidak hanya itu jumlah interaksi juga menjadi penilai, semakin banyak interaksi pengguna dan semakin lama waktu baca maka bisa memicuh rekomendasi. Jika artikel kamu direkomendasikan dia bisa muncul diberbagai tempat, traffik yang kita dapatkan juga lebih banyak.


Penulis : Gea Putri
Editor : Ryan jauhari

Scroll To Continue