Konten kreator tiktok bisa dapat puluhan juta? Kok bisa
Gea Putri wulandari - Tahukah kamu kalau kreator tiktok bisa dapat uang puluhan juta perbulan? Tiktok adalah platform video berbagi video pendek yang sangat populer hingga kini.
Makin hari, aplikasi tiktok makin banyak digunakan. Sekilas kita tidak melihat iklan di tiktok, tidak seperti Youtube yang meresahkan. Setiap mau nonton, harus skip iklan dulu, satu video muncul 2 iklan dengan durasi 10 detik.
Kalau di tiktok ada iklan, tapi iklan nya beda. Iklan di tiktok di kemas dalam bentuk video pendek, konten kreator dengan konsep kreatif mereka membuat short video promosi.
Tiktok punya toko yang di sebut dengan TiktokShop, dari tuktok shop ini sama hal nya seperti shopee. Kita bisa belanja langsung dari aplikasi tiktok.
Nah setiap ada video iklan, pastinya video tersebut adalah iklan. Orang lain mempromosikan video mereka di tiktok, iklan akan ada label Ads atau label iklan.
Lalu, dari mana konten kreator mendapatkan uang? Kok ada kreator tiktok yang rela live streaming 24 jam. Mereka dapat bayaran berapa sih? Berikut ini ada beberapa sumber pemasukan dari kreator tiktok.
Pendapatan dari Berjualan produk sendiri
Berjualan di tiktok bisa gampang laris kalau kita bisa mengemas produk dengan video kreatif. Di tiktok tidak seperti platform lain, malahan pembeli yang datang sendiri menonton kita berjualan. Bukan kita mencari tempat ramai buat berjualan.
Video buat mainan dari korek api viral banget di tiktok, sang kreator bahkan bisa menjual sampai 50.000 karya. Setiap kreator tiktok bisa membuka akun toko online mereka sendiri di tiktok shop, mereka bisa berjualan seperti layaknya shopee.
Rata-rata akun jualan di tiktok isinya adalah konten review dari produk itu sendiri. Penjual di titok sangat kreatif, satu produk saja bisa di kemas menjadi ribuan konten.
Penonton juga tidak bosan menyaksikan iklan promosi, karena durasinya cuma 1 menit, dan di barengi dengan backsound yang bikin nagih banget. Buat yang hobi belanja, pasti bakalan tergerak buat berbelanja di tiktok shop.
Pendapatan dari tiktok affiliate (promosiin produk orang lain)
Selain membuat produk sendiri, membuka toko sendiri ada juga tiktok affiliate. Tiktok affiliate ini sama seperti shopee affiliate, dimana kita bisa menyematkan keranjang kuning (eltase produk) dalam sebuah video yang dibuat.
Tapi ini tidak mudah ya, hampir semua penonton di tiktok bukan calon pembeli. Mereka hanya menonton, kamu sebagai kreator harus bisa meyakinkan pembeli kalau produk yang di jual beneran bagus.
Kalau cuma sematin keranjang kuning pada video yang tidak saling terkait dengan iklan kamu gak bakalan dapat komisi. Orang juga nggak tahu kalau video kamu mengandung produk.
Contoh kreator yang sering bahas produk itu akun nya kochun. Akun ini sering banget bikin short review produk, "ehh hey ini adalah Iphone pro mag 13". Katanya, dan pada video tersebut di sematkan eltase produk dalam ikon keranjang kuning. Sehinga penonton bisa membeli produknya.
Program affiliasi juga bisa di terapkan pada saat live streaming. Kita bisa menyematkan produk orang lain pada saat live stream, seperti kata aku di atas kita jualan di tiktok di tonton orang. Bukan kita yang cari pasar, tapi pembeli datang sendiri.
Pendapatan dari stiker gift (saweran penonton saat live stream)
Saat live streaming kita bisa mendapatkan stiker, setiker ini adalah hadiah dari penonton yang suka dengan konten kita. Kalau di Youtube kan, biasanya pake sociabuz untuk mendapatkan dukungan dari penggemar. Kalau di tiktok, kita bisa mendapatkan uang dari gift yang dikasih orang lain.
Nanti gift yang telah terkumpul bisa di tukar dengan nilai uang. Nilainya berbeda-beda, tergantung harga gift tersebut. Atau gift nya bisa kita gunakan untuk memberi saweran kepada konten kreator lain yang lagi live.
Kamu bisa membeli gift di toko tiktok, pembayaran bisa gunakan e-wallet atau transfer bank. Tahun 2022 masa nggak punya, pasti punya donk bisa beli gift tanpa harus menggunakan uang kertas.
Pendapatan Dari Endorsement produk atau brand tertentu
Ada juga yang tidak menyertakan progam affiliasi dalam konten mereka, kreator lebih fokus membahas konten mereka masing-masing. Tapi di sela-sela pembahasan pasti ada kalimat ajakan buat membeli produk dari brand tertentu. Metode ini sudah sangat jadul, banyak penonton yang hilang ketika kita mulai mengiklankan produk walaupun cuma 3 detik saja.
Tapi kreator tiktok itu kreatif, mereka bisa saja menggabungkan antara konten dengan promosi berbayar. Kreator raymond chin misalnya, di awal video dia bahas tentang informasi cara mengelolah keuangan. Dan di akhir video, bisa-bisa nya dia merekomendasikan aplikasi pengelolah transaksi keuangan bernaama finku ( bahkan penonton tanpa menyadarinya kalau ini iklan endorsement).
Pastinya orang yang nonton penasaran sama aplikasi tersebut, targeting nya juga tepat. Karena semua konten dari raymond chin membahas masalah keuangan, sudah pasti followernya merupakan orang yang tertarik dengan dunia bisnis dan keuangan.
Pendapatan dari event tiktok, selalu ada
Tiktok juga ngasih hadiah event tertentu, event selalu ada. Untuk yang paling basic nih ada event undang teman terus dapat koin, ada lagi event live streaming mingguan terlama. Para kreator yang berhasil memenangkan event dengan menjadi yang teratas atau paling banyak akan bisa mendapatkan hadiah, hadianya ini berupa bonus koin yang nantinya bisa di tukar dengan uang.
Tiktok juga suka mengirim paket hadiah kepada kreator nya yang paling aktif dan kreatif. Dalam paket tersebut diisi bergam bonus, ada piala, ada topi, ada tsirt banyak deh pokonya. Jadi konten kreator tiktok itu lebih kreatif dibanding kreator Youtube, adapun fokus utama sosmed tiktok untuk mendapatkan informasi, hiburan, dan juga marketplace dalam satu ekosistem.
Gaji dari pendapatan affiliasi saja sudah lumayan besar, misalnya kamu promosi produk apple dengan harga 17 juta. Andaikan komisi nya 11% berati kamu bisa mendapatkan 1.870.000. Satu produk terjual komisinya gede banget kan?
Gimana kalau endorsement? tergantung sama jumlah viewer kamu, jenis konten, follower dan juga enggagement user. Kreator yang membahas topik seputar bisnis dan keuangan biasanya sering dapat endors dari aplikasi finansia, bayaranya nggak main-main.
Cuma buat bikin video iklan berdurasi 1-3 menit saja di bayar sampe puluhan juta. Kenapa perusahaan mau bayar mahal? Karena tadi, aku sebutin di atas market share nya tinggi banget. Ibaratkan ada gula ada semut, kalau kamu dapat follower, artinya orang yang follow kamu tertarik sama konten kamu.
Dan apapun produk yang kamu referensikan asalkan masih relevan dengan topik yang kamu bahas, sudah pasti mereka akan ikutan menggunakan produk tersebut. Sampai di sini sudah paham belum? Dari mana konten kreator tiktok dapat uang. banyak donk hehehe. Gaji seorang konten kreator tiktok bisa melebihi UMR.